CARA DAN TIPS MEMBERIKAN PAKAN AYAM BANGKOK JUARA

Cara dan tips memberikan pakan ayam bangkok juara. Ayam bangko aduan milik kita yang kita banggakan memang perlu disetel baik latihan ataupun makannya. Banyak carasih untuk menzetting pakan ayam bangkok aduan kita tapi tentunya hanya kitalah yang menentukan dari pakan ayam kita sendiri. Karena hanya kita yang tahu kebutuhanayam kita. Bukan orang lain. Nah tentunya kita juga harus hati - hati karena seiring semakin meningkatnya peminat ayam bangkok aduan sehingga banyak perusahaan penyedia pakan ayam aduan hanya memberikan janji di cover saja tapi maslah kwalitas pakan tidak diperhatikan.

ayam aduan juara lagi makan beras merah

Pakan yang berkwalitas baik dan sudah terbukti untuk ayam kita cocokktidak usah diganti - ganti karena akan membuat ayam kita stres karenanya. Ayam aduan kita akan beradaptasi terlebih dulu dengan pakan baru yang kita berikan.

Oke dalam memberikan pakan untuk ayam kita kita harus memperhatikan ayam kita denganpertimbangan usia. jangan usia masih muda dikasih pakan untuk ayam yang sudah berumur. Gak papa sih namun perkembangan dan mental serta staminanya tidak maksimal. Oleh karena itu kita harus memberi pakan kepada ayam kita berdasarkan usia ayam kita. 

Ayam usia 0 - 3 bulan
Pakan ayam aduankita yang umurnya antara 0 - 3 bulan harus pakan pabrikan yang super halus. ini dimaksudkan antara paruh dan pencernaan siayam masih lembut. Jika kita salah memberikan pakan maka yang ada anakan ayam bangkok kita tidak akan berkembang denganbaik. namun akan kerdil, bahkan bisa berakibat fatal yaitu mati. Rugi kita kan!

Biasanya pakan ayam ini disebut voor. Dalam pemberian voor ini bisa kita sajikanbasah atau kering tinggal kita membiasakan ayam kita . Tapi biasanya pada kondisi masih kecil dan pencernaannya masih labil dan belumkuat maka ayam anakan ini akan diberikan voor basah. Ini dimaksudkan agar ayam tidak tersedak. Namun dalam mencampur air hanya sdikit saja yang penting pakan itu tidak terlalu keras.

Ayam Usia 3 - 6 bulan.  
Ayam yang sudah berumur 3 bulan sampai 6 bulan biasanya masih diberi pakan voor. Tapi pakanvoornya yang lebih kasar. dan sedikit besar. ini dimaksudkan agar pencernaan si ayam karena sudah mengalami perkembangan yang signifikan sudah bisa mencerna. sehingga pada perkembangan badan menjadi standar dan stabil.

Ayam usia 6 bulan keatas.
Pada umur 6 bulan keatas ayam ini sudah dikatakan lancur. Pakan ayam ini harus sudah diganti dan diberi asupan pakan tambahan untuk menjaga stamina serta kondisi tubuhnya. Biasanya ayam usia 6 bulan ini sudahmulai untuk diabar atau dilatih mental dengan dihadapkan pada teman  sebayanya. Jadi pakan yang pas adalah beras merah serta fitamin tambahan. Biasanya ditambah irisan belut. kenapa belut karena belut menganduang protein yang sangat tinggi. ini baik untuk stamina ayam aduankita.

Beras merah diberikan selain dengan gizi yang lengkap beras merah tidak mengandung lemak. Jadi jangan kwatir kalau ayamnya nanti akan gemuk. Dan pemberian berasmerah juga harus diatur. Sehari hanya diberikan satu kali, itu tiap sore. Jadi waktu pagi ayam hanya di mandikan lalu dilatih dan diberi asupan gizi berupa potongan belut tadi. lalu disitairahatkan sampai sore hari baru dikasih makanberas merah. Para pembaca tidak usah kawatir ayam kita tidak akan kelaparan. karena kandungan beras merah yang kaya gizi dan rendah lemak serta gula ini mayam akan meras kenyang lebih lama. dan tentunya ayam kita tidak menjadi gemuk. Ahirnya jika pakan ayam kita sudah benar dalam pemberiannya maka tinggal kita melatih ayam itu. karena itu yang sangat menentukan, kalau cara pakannya sudah benar, tinggal cara latihannya yang harus dibenarkan. Semoga ada manfaatnya.


Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia