CARA MENETASKAN TELUR AYAM BANGKOK AGAR HASILNYA SEMPURNA

Cara menetaskan telur ayam bangkok agar hasilnya sempurna - Cara menetaskan telur ayam bangkok agar hasilnya sempurna merupakan artikel kelanjutan dari postingan sebelumnya. Seperti kita tahu bahwa telur ayam bnagkok aduan yang menetas dengan hasil sempurna merupakan suatu kegembiraan tersendiri bagi kita semua sebagai para penghobi ayam bangkok aduan. 

Seperti ada bebrapa cara  menetaskan telur ayam bangkok aduan agar dapat di tetaskan melalui beberapa cara, yaitu melalui induknya sendiri, mesin tetas atau juga menggunakan entok yang sedang mengeram. Biasanya saya juga menggunakan ayam kampung biasa yang diambil telurnya digantikan dengan telur ayam bangkok yang berkwalitas . Sebelum ditetaskan, telur-telur yang hendak ditetaskan diseleksi terlebih dahulu. Sehingga kita dapat mencapai hasil yang sangat memuaskan.

Berikut akan kami paparkan kriteria pemilihan telur tetas yang baik antara lain sebagai berikut:

Telur di lihat dari Bentuk dan ukuran telurnya
Seperti kita tahu bahwa bentuk dan ukuran telur tetas yang baik adalah oval, yakni ujung yang satu kelihatan runcing dan ujung yang lain tumpul. Jangan memilih telur yang cenderungbulat maupun terlalu lonjong. Perbandingan antara lebar dan panjang telur yang baik sekitar 6:8 atau sebesar 75%, angka ini sering disebut dengan indeks telur. Para ahli mengatakan bahwa indeks telur sangat berpengaruh bahwa indeks telur sangat berpengaruh terhadap daya tetas. Sehingga dengan cara seperti ini kita mampu menghasilkan telur yang maksimal.

Asal telur yang akan ditetaskan 
Pakan ayam bangkok merupakan suatu yang sangat menentukan karena dengan Ransum makanan yang sangat berkwalitas yang diberikan pada induk betina harus betul-betul baik dan kandungan zat-zat makanan yang diberikan jumlahnya cukup. Kita harus pande - pande mimilih indukkan betina yang mempunyai produksi telur yang tinggi, sebab biasanya ayam dengan sifat ini mempunyai daya tetas telur yang tinggi. Hindari pemilihan induk yang masih terlalu muda atau terlalu tua. Sebagai pedoman, umur ideal bagi induk yang telurnya ditetaskan adalah 1-1,7 tahun. telur diusahakan dari induk yang betul-betul sehat dan tidak dalam keadaan terserang penyakit. Beberapa penyakit ayam seperti pullorum (berak kapur) dan CRD( Chronic Respiratory Disease) dapat menular melalui telur tetas, sehingga begitu anak ayam menetasa sudah mengidap penyakit. Sehingga telur yang di tetaskan sendiri nanti akan menjadi ayam bangkok aduan yang baik dan berkwalitas.

Kondisi telur ayam bangkok aduan
Telur tetas hendaknya dalam keadaan bersih dan kerabangnya benar-benar bebas dari segala kotoran yang menempel. Telur yang kotor dapat dibersihkan dengan kapas yang dibasahi alkhohol 70%, sewaktu membersihkan perlu dijaga supaya kerabang jangan sampai retak. Hal ini perlu diperhatikan perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh, sebab telur yang retak tidak dapat ditetaskan.

Tempat Penyimpanan Telurnya
Seperti iita tahu bahwa tempat penyimpanan telur ayam bangkok harus baik dan terhindar dari panas dan hujan. Apabila jumlah telur yang akan ditetaskan cukup banyak, khususnya bagi peternak yang menggunakan mesin tetas, masalah penyimpanan perlu diperhatikan. Telur tetas sebaiknya disimpan dalam posisi ujung tumpul diatas. Tempat penyimpanan telur sendiri. Penyimpanan yang kurang baik dapat juga menyebabkan telur-telur yang akan ditetaskan menjadi rusak. Umur telur yang di tetaskan dapat di usahakan tidak lebih dari 12 hari sejak dikeluarkan dari kloaka, sebab apabila terlalu apabila terlalu lama disimpan akan mengurangi daya tetas, bahkan penyimpanan lebih dari empat minggu akan menyebabkan telur-telur tidak menetas sama sekali. Sehingga dengan menempatkan telur ayam bangkok itu terlindungi dari matahari dan hujan maka hasilnya akan baik dan bagus.

Saya kira postingan artikel tentang cara menetaskan telur ayam bangkok aduan di cukupkan sekian semoga ada manfaatnya.
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia