RAHASIA MERAWAT ANAK AYAM BANGKOK ADUAN BIAR CEPET GEDE

Rahasia merawat anak ayam Bangkok aduan biar cepet gede – Judul diatas memang memang sangat di cari oleh para penghobi ayam bnagkok aduan, apalagi yang senang dengan pemeliharaan serta budi daya ayam bangkok aduan super, maka artike ini nantinya akan sangat membantu para juragan semua untuk membesarkan anakan ayam Bangkok aduan biar sehat dan bernutrisidan tentunya cepet gede.

Semua sudah tahu bahwa ayam Bangkok yang baik dan kwalitas super istimewa bias di dapat dari indukan yang baik dan istimewa pula. Biasanya ayam Bangkok seperti itu bias di dapat dari ayam Bangkok aduan yang sudah trah juara. Tapi sebetulnya modal dari itu saja bulamlah cukup untuk mencetak ayam Bangkok aduan super istimewa. Ayam yang istimewa bias di dapat bukan Cuma dari turunan undukan juara, tapi dari segi perawatan dari kecil hingga dewasa harus secara intensif, untuk mendapatkan ukuran ayam bnagkok aduan yang super gede dan istimewa baik yang melihat ataupun memilikinya.  Ini dapat kitra simpulkan bahwa perawatan sangat menentukan kwalitas ayam Bangkok aduan tersebut.  Adapun dalam hal perawatan ayam Bangkok aduan ini adalah perawatan anakan atau piyek menjadi suatu yang sangat penting karena dari sinilah awal mula lahirnya ayam Bangkok aduan juara dan sangat istimewa ketika di gelanggang. Nah kini akan saya mulai pembahasan artikel ini tentang cara merawat anak ayam yang baik sehingga nanti akan cepat tumbuh besar dengan cepat. Berikut ulasannya.

anakan ayam bangkok berkwalitas
Dalam perawatan anakan ayam Bangkok aduan hal awal yang harus di lakukan tidak lepas dari beberapa hal yang nantinya akan membuat anakan ayam tersebut menjadi sehat dan tumbuh besar. Diantaranya dalah Lingkungan atau kandang, suplemen atau vitamin, cabut bulu, dan pemeliharaan yang sangat intensif di dalam kandang.

Kesehatan kandang.
Ketika anakan ayam Bangkok aduan baru menetas sampai usia 3 hari pada umumnya konsisinya masih sangat kritis dan membutuhkan perhatian ekstra keras dari kita. Oleh karena itu perawatan secara intensif pada masa itu harus sangat intensaif agar bias menekan angka kematian pada anakan ayam Bangkok aduan. Menjaga suhu kandang juga harus di perhatkan. Karena kalau bisa suhu kandang harus di buat seperti alami ketika anakan ayam Bangkok aduan berada di pelukan indukannya. Ada cara alami dan aman kalau ingin anakan ayam bnagkok aduan ini selamat dan tumbuh sampoai besar. Kita bisa menempatkan indukan ayam ini di dalam kandang agar memeluk anaknya. Atau kalau tidak kita bisa menempatkan bahlom listrik sekitar 10 watt, namun bahlom ini harus di hidupkan 24 jam penuh untuk menjaga kondisi suhu yang ada dalam kandang tersebut.
Selain suhu hal penting yang harus di perhatikan dalam kandang adalah kebersihan kandang, kita harus membersihkan kandang 2 kali sehari. Ini di maksudkan agar tidak ada bakteri penyebab penyakit ayam menjangkiti anakan ayam Bangkok aduan kita. Hal penting yang harus di perhatikan oleh para juragan semua adalah tentang sirkulasi udara. Karena jika udara dalam kandang penat dan tidak ada sirkulasi udara maka anakan ayam Bangkok aduan juga akan tidak sehat dan kelihatan kusut. Ujung – ujungnya juga mati. 

Masalah Makanan

Pakan harus sangat di perhatikan oleh para juragan semua. Mungkin kita beranggapan bahwa anakan ayam yang pada usia 1 s/d 3 hari anakan ayam Bangkok aduan cukup di beri air saja atau bahkan di biarkan saja. Namun anggapan ini saya kira kurang benar. Karena pada fase itu anakan ayam malah sangat membutuhkan nutrisi berupa pakan seimbang yang akan menguatkan anakan ayam bnagkoka duan tersebut. Pada usia tersebut kita beri pur dengan nutrusi lengkap namun sewajarnya saja, jangan kebanyakan, karena bisa mengakibatkan anakan ayam Bangkok kita kekenyangan. 

Suplemen
Ketika ayam bangkok kita berusia satu sampai dua bulan anakan ayam bnagkok aduan bisa di berikan komposisi pakan yang berbeda dari sebelumnya. Karena pemberikan pakan pada umur seperti ini sangat berpengaruh besar pada pertumbuhan tulangnya serta otot – ototnya. Di samping pakan seimbang ada baiknya kita berikan suplemen khusus untuk anakan ayam kita agar selalu sehat dan bisa melengkapi vitamn dan nutrisi yang kurang. Biasanya nutrisi yang diberikan untuk ankan ayam bangkoka duan umur segitu adalah full protein, ini dimaksudkan agar pertumhuhan otot dan pertulangan lancer dan cepat sehingga tulang dan ototnyapun sangat kuat. Ada suatu tips jika kita mungkin memertimbangkan biaya dalam pemberian suplemen, kita bisa memberikan susu yang mungkin sudah tidak di pake oleh anak kita maka susu tersebut bisa di berikan pada anakan ayam bnagkok aduan kita. Tentunya dengan dosis yang sudah kita takar, jangan sampai berlebih – lebihan.

Intensif
Perawatan anakan ayam Bangkok aduan sampai umur 6 dan 7 bulan kira – kira ayam kita sudah berganti bulu lengkap sebaiknya cukup dilakukan di dalam kandang saja. Hal ini di lakukan agar energy ayam tidak terbuang percuma karena di sebabkan ayam bangkoka duan kita banyak bermian di luar kandang atau kipu. Karena bisa menghambat partumbuhannya. Ini bisa di lihat ada ayam kok ukurannya kecil tidak bisa besar padahal indukannya vesar baik jantan dan betinanya.

Mungkin ini juga bisa di sebabkan karena perawatan dari anakan sampai remaja kurang betul atau kurang intensif sehingga membuat ayam Bangkok aduan kita kerdil dan kurang membanggakan.  Untuk para juragan, untuk mensiasati iotu semua maka kita bisa mengumbar agar ayam kipu dan bermain tidak kurang dari 30 menit saja, setelah itu langsung kita masukkan kedalam kandang kembali. 

Mencabuti bulu
Mungkin hal ini masih kedengaran asing bagi kita. Aya kok di cabuti bulunya, apakah tidak menyakiti ayam! Tapi sebentar, ada sebuah study atau riset tentang ayam mengatakan bahwa dengan bulu – bulu ayam yang menempel, ini di maksudkan adlah bulu bawaan yang masih lahir bisa menghabiskan gizi dan nutrisi ayam itu sendiri. Sehingga kalau tidak di cabut maka perkembangan dan pertumbuhan anakan ayam bnagkok kita akan terhambat. Oleh karena itu jika kita ingin anakan ayam Bangkok kita cepat tumjbuh besar maka kita cabuti bulu – bulunya. Tentunya kita harus hati - hati  dalam mencabutnya, jangan sampai menyakiti si ayam kesayangan kita.

Untuk di ketahui bulu – bulu yang di cabut pada ayam yang berusia 3 sampai dengan 4 minggu atau kurang lebih 1 bulan maka yang di cabut adalah bulu bagiam sayap dan ekor. Setelah umur anakan ayam bangkok kita berumur 2 sampai 2,5 bulan makan bulu bagian punggung dan leher juga akan rontok sendiri. Maka yang kita lakukan adalah membantu merontokkannya dengan cara mencabutnya. Ini di maksudkan agar cpet rontok dan nantinya akan cepet tumbuhj seiring dengan pertumbuhan badannya yang semakin membesar.

Oke saya kira hanya inilah beberapa tips Rahasia Merawat Anak Ayam Bangkok Aduan Biar Cepet Gede, semoga ada manfaatnya untuk kita semua para penghobi ayam Bangkok, semugo kita sukses dengan bisnis kita.  
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia