CARA MENGOBATI PARUH AYAM BANGKOK ADUAN YANG PATAH ATAU LEPAS

Ayam songgo lagit yang melegenda dengan paruh papak
Cara mengobatai paruh ayam bangkok aduan yang patah atau lepas - Seperti kita kitahu bahwa paruh bagi seekor ayam adalah senuah komponen tubuh atau badan yang sangat sentral atau penting. Jadi jika paruh ayam itu lepas atau patah maka sayam bangkok aduan sehebat apapun maka dia tidak akan berguna lagi. Oleh karena itu kita sebagai para penghobi ayam bangkok aduan harus menjaga dengan sangat hati - hati dan seksama agar ayam kebanggaan kita tidak terluka apalagi kehilangan mahkota yang sangat di banggakan itu.

Dalam sebuah pertandingan ayam aduan terjadinya luka, patah paruh bahkan paruhnya lepas itu sudah menjadi hal yang biasa dan sangat wajar. Untuk itu kita sebagai para penghobi ayam bangkok agar senantiasa belajar dengan cara memnperbaiki paruh tersebut. Cara merawat dan memperbaiki paruh ayam yang terluka atau patah harus secara teratur dan konsekwen serta harus segera di tangani. Karena kalau tidak cepat di tangani maka ayam bangkok aduan kita akan merasa kesakitan yang berkepanjangan. Bahkan di beberapa kasus bisa mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu bagi yang belum mengetahui cara merawat paruh ayam yang patah atau terluka, maka berikut akan saya posting cara mangobati paruh ayam yang patyah atau terluka.

1. Pegang ayam bangkok kita secara sangat hati - hati, lalu usap paruhnya dengan kain haslus yang di celup dengan air hangat. Kemudian kita iolesi dengan salep anti biotik, yang  bisa kita dapatkan di toko - toko obat terdekat. pemberian salep ini di maksudkan agar tidak terjadi infeksi pada pangkat paruh yang patah. Oke pada tahap ini kita mengolesi parh ayam bnagkok yang patah kita oleskan saleb anti biotik tadi. Dalam pemberian salep ini tidak perlu sering kal kita olesi dengan selep, tapi cukup dua hari sekali.

2 Kita usap dengan menggunakan air hangat. Air hangat menurut para pakar memang sangat efektif dalam menyrunkan kadar pembengkakan pada bagian tubuh yang terkena benturan atau patah. Namun ternyata air hangat juga sangat efektif di gunakan untuk paryh ayam bangkok aduan yang sedan terluka atau patah. Dalam prakteknya untuk mengobati paruh yang terluka atau patah memang cukup sangat sederhana, yaitu dengan cara mengucap dan mengompres p#aruh yang patah atau yang sedang terluka dengan air hangat. Namun bedanya dengan selep anti biotik adalah kalau anti biotik tidak boleh di berikan sesering mungkin,  tapi kalau air hangat di upayakan setiap saat  harus di lap dengan air hangat. minimal dua kali dalam sehari.

3. Mmberikan paqkan yang berkawalitas tinggi. Maksud dari pakan yang berkwalitas tingghi adalah agar ayam bangkok aduan kita di berikan pakan ayam yang seimbang baik gizi, protein, daqn natrium serta mineralnya. Namun ketika pada masa penyembuhan luka dan paruh patah ini kita harus mnyediakan pakan dan nutrisi yang ber protein tunggi. Bisa juga kita berikan belut mentahg dengan darah segarnya serta jangkrik yang maswih hidup dengan porsi di tambah lebih banyak dari pada ukuranh gariannya. Dengan cara ini ayam bnagkok aduan kita akan senang dan nyaman serta paruh yang patah serta terluka tadi akan cepat tumbuh dan sembuh sepereti sedia kala, dan siap untuk di terjunkan di medan laga.      

Pada sebagian penghobi ayam bangkok aduan yang lain banyak ketika memberikan perawatan untuk ayam bangkok aduan yang luka paruhnya mka mereka memberikan pakan dari jagung giling, ini di maksudkan selain jagung mengandung protein tingkat tinggi jagung juga sangat baik unutk melatih paruh yang patah dan cepat menyembuhkannya.

4. Dengan cara merendam dengan Air Dingin, Air dingin juga dipercaya sangat bagus unutk menyembuhkan paruh yang patah dan paruh yang terluka, praktiknya kita rendam dalam jangka waktu yang la ma sekitar 3 menit. Sehingga paruh yang putus akan segera sembuh dan rontok sehingga paruh yang baru akan cepat tumbuh dan bisa di ajak kekalangan kembali. 

5. Hal ini sangat ektrim yang mungkin tidak banyak di lakukan oleh oara enghobi ayam bangkok aduan, tapi patut di coba dan terbukti ampuh, adalah dengan cara paruh ayam bnagkok kita di olesi dengan cabe rawit pada paruhnya. Cage terbukti ada manfaatnya, tapi perlu diingat setelah lama tidak diolesi, kebanyakan paruh ayam mudah rusak saat bertarung, jadi lebih baik diolesi secara konsisten agar mendapat hasil maksimal. Ini merupakan ilmu kuno/jaman dulu yang sering diterapkan pada burung puyuh dengan cara memperkuat fungsi paruh. Para penghobi harus tahu dulu burung puyuh di jawa tengah atau zaman kerajaan dibuat untuk bertarung seperti ayam bnagkok aduan seperti sekarang. Selain cabe rawit, bawang kunyit dan bawang putih serta kencur juga baik dan bagus karena bisa memperkuat paruh ayam bangkok aduan kita.

Mudah bukan para pembaca sekalian, namun saya yakin kalian semua masih banyak punya trik untuk menyembuhkan paruh yang patah namun tidak ada salahnya kita mencoba dengan trik dan tips di atas. selamat mencoba dan sampai jumkpa lagi...! 
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia