CIRI - CIRI AYAM BIRMA ASLI

Ayam burma asli
Ciri - ciri ayan birma- Ayam birma merupakan ayam yang saaat ini sangat populer di kalangan dunia sabung ayam. Apalagi dengan bentuk dan tubuhnya yang mungil serta dengan kemampuan bertarung yang sangat dahsyat pada ahir - ahir ini menjadi ayam yang sangat di primadonakan alias menjadi ayam yang sangat di cari, baik untuk bertarung dikalangan dunia laga atau sekedar hanya untuk mengoleksinya. Sehingga pada saat ini ayam birma sangat di cari oleh kalangan penghobi ayam. 

Ayam birma merupakan ayam hasil persilangan antara ayam thaailan atau ayam bangkok dengan ayam myanmar. Sehingga menghasilkan anakan yang sangat proporsiaonal dan sangat mengesankan dikalangan para pemhogi ayam aduan. Ayam birma bentuk dan sifatnya lain dengan indukannya, ayam birma relatif lebih kecil dan lincah. Sehingga kalau di pertandingan gerakannya sangat gesit dan tidak mudah dikalahkan. Ayam birma juga mempunyai pukulan yang sangat mematikan. karena jika ayam birma asli maka dalam satu ronde saja ayam birma akan bisa mengalahkan lawan - lawannya. Biasanya ayam birma mempunyai pukulan yang akurat. Pukulan ayam birma biasanya akan mengenai kepala ayam musuh, sehingga ayam musuh tadi akan merasa sangat kesakitan. Pokoknya kemampuan mengalahkan lawannya ayam birma ini akan selalu mati dan lari tunggang langgang.

Oke para pembaca semua itulah sekedar gambaran atau prolog sedikit tentang ayam birma yang kesohor itu. Bah di sini akan saya jelaskan tentang ciri - ciri ayam birma yang asliagar para pembaca semua yang notabene adalah penggemar ayam aduan tentang ciri - ciri ayam birma aduan. Berikut ulasannya :

a. Bentuk dan ukuran badan kecil 
Perlu para pembaca ketahui bahwa Ayam birma mempunyai bentuk dan ukuran badan yang relatif kecil, beratnya antara 2 sampai 2,5 kg. hal ini di sebabka karena para penggemar ayam aduan mencoba untuk menyilang ayam birma dengan ayam bangkok maupun ayam lokal. Untuk memperoleh ayam birma kualitas super yang mempunyai badan kekar dan besar.

b.Wajah Tajam Dengan Garis Lurus
Ayam birma mempunyai wajah tajam dan bergaris lurus, bentuk wajah ini ayam birma tajam garis lurus, tampak seperti persilangan antara ayam bangkok dan ayam kampung. Bentuk telinga agak besar dengan paruh umumnya berukuran lebih kecil dari ayam bangkok. Beberapa jenis ayam ini mempunyai jenggot di bagian bawah paruhnya Bawahnya.

c. Mata tajam dan lebar
Ayam birma ini jika kita perhatikan dengan sangat teliti, ayam birma mempunyai mata yang sedikit cembung, dari depan tampak seperti sedang melotot dan sangat tajam. Bahkan hal ini juga yang menjadikan ayam birma kelihatan ganas dan garang, sangat liar serta sangat beringas. Bahkan lebih ganas dari ayam aduan lain seperti ayam Thailand, ayam saigon maupun ayam bangkok.

d.Tulangan kaki kecil dan sedikit tipis.
Ini yang menjadikan kelebihan ayam birma dengan tulang kaki yang kecil dan tipis iotu membuat pukulan ayam ini sangat menyakitkan lawanya apalagi jika kena kepala tepat di syarafnya maka ayam lawan akan merasa kesakitan dan lari terbirit birit.

e.Warna Bulu yang khas
Ayam birma mempunyai bulu sayap tebal dan panjang. Ini sesuai denganh sesuatu menandakan ayam birma mempunyai lebih lebih banyak bulu daripada ayam bangkok. Kalau dilihat dari warna bulunya, ayam birma memiliki bulu dengan warna campuran dari merah, abu-abu dan wido. Sangat berbeda dengan bulu ayam thailand yang berwarna kuning-merah, merah-hitam ataupun warna primer ayam Thailand lainnya. Jadi jangan sampai keliru dalam memilih.

f.Jengger yang tegak
Perlu para pembaca ketahui bahwa ayam birma yang masih asli mempunyai jengger yang tegak dan bentuk menyerupai bantam ular atau seperti tanduk ular. yang sangat perlu diketahui oloeh para pembaca bahwa ayam yang bagus mempunyai jengger yang kecil, menandakan ayam tersebut mempunyai gaya bertarung yang gesit dan lincah serta garang dan perkasa.

g. Di samping telinga ada tanda putih
Tanda ayam putih di samping telinga pada ayam birma ini berlaku untuk sewmua ayam birma yang asli dan tidak silangan. Karena ini merupakan ciri - ciri khusus untuk ayam birma.Ayam birma yang masih asli mempunyai tanda warna putih di bagian telinga. Tanda ini menunjukkan kalau ayam ini masih sangat agresif dan liar serta garang. Sekalipun sudah banyak dikembangbiakkan namun ayam ini sangat liar dan tidak mudah dikalahkan oleh lawan - lawannya. 

Oke saya kira cukup sekian hbahsan tentang ayam birma dan ciri - cirinya. pokonya para pembaca semua sebagai penghobi ayam aduan jangan sampai keliru memilih ayam. karena kita akan menyesal di kemudian hari. Kita harus mencari sebanyak mungkin referensi agar kita tidak tertipu olehnya. Sekian terima kasih.
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia