TURUN URAT PADA AYAM BANGKOK

Turun urat pada ayam Bangkok aduan – Dalam memelihara dan mengembangbiakkan ayam baik ayam Bangkok maka bagi para peternak dan penghobi ayam, Bangkok sudah mengetahui banyak jenis penyakit yang akan meneyerang atau menghinggapi ayam peternakan kita. Satu lagi penyakit dari ayam Bangkok aduan yang akan saya uraikan adalah penyakit turun urat pada ayam Bangkok. Ada beberapa penyakit yang dulu sudah saya uraikan namun pada kali ini saya akan menguraikan penyakit Turun urat. Turun urat adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh polah ayam yang terlalu over didalam suatu pertandingan. Biasanya turun urat terjadi dikarenakan ayam yang sedang bertarung memukul lawannya dengan kekuatan penuh tapi tidak pada posisi yang tepat baik dalam kuda – kuda ataupun dalam mendarat ketika sesudah memukul lawan. Ini bisa mengakibatkan urat kaki siayam bnagkok adnalan kita putus, kalau sudah putus maka akan terjadi kelumpuhan secara permanen.

kaki ayam turun urat
Pada beberapa kasus,  penyakit turun urat ini terjadi ketika ayam yang akan bertanding kondisi dan kebugarannya kurang fit dan dipaksakan oleh yang punya untuk bertamding atau kurangnya pemanasan oleh ayam tersebut. Turun urat biasanya tidak langsung dirasakan atau diketahui oleh pemilik ayam, karena penyakit ini berlangsung lambat dan keesokan harinya baru kelihatan kalau kaki ayam kita kena turun urat. Namun sebagai penghobi ayam aduan tentunya kita pasti bisa mengetahui dengan mudah. Cara mengetahui turun urat secara sederhana dapat kita lakukan dengan cara memegang kaki ayam ketika setelah memukul lawannya, kaki ayam tersebut akan terasa panas dan melepuh. Maka sudah dapat dipastikan kaki ayam kita kena turun urat. Biasanya ayam berjalan akan terpincang – pincang dan sulit untuk berjalan.

Penyebab lain dari ayam yang mengalami turun urat adalah akibat ayam yang masih terlalu muda sudah dipertandingkan dengan full kontes. Sehingga dengan kondisi tulang yang masih rawan maka sangat mungkin untuk terjadi turun urat. Sementara penyebab lainnya adalah adalah benturan yang terlalu keras, sekalipun ayam yang diadu diarena atau yang dipertandingkan sudah cukup umur atau ayam dewasa kalau terjadi benturan yang sangat keras dan tidak pada posisi yang pas maka turun urat bisa terjadi.
Pengobatan secara alami yang bisa dilakukan
Memang banyak cara mengobati penyakit turun urat ini, dengan cara membeli obat buatan pabrik yang ada ditoko – took itu lebih instan. Tapi kali ini akan saya uraikan cara mengobatinya dengan cara alami dan herbal tentunya. Dan pastinya tidak keluarkan biaya. Begini caranya :
  • Tempatkan ayam pada tempat yang nyaman. Kalau bisa pindah ayam dari kandang panggung kekandang semen atau plester. Jaga kebersiahan kandang bersihkan kandang pagi dan sore. Dengan memisahkan ayam dikandang plester maka ayam Bangkok jagoan kita akan merasa nyaman dan tidak mudah stress.
  • Ambil Beberapa daun sirih kemudian haluskan dan gunakan unutk bobok pada kaki ayam yang kena turun urat, kemudian perban dengan halus agar tidak menyakiti ayam tersebut. Biarkan ayam beristirahat. Ingat tunggu satu hari dan ulangi cara ini sampai seminggu. Sesudah itu buka perbannya dan lihat hasilnya, ayam Bangkok jagoan kita kembali normal. Dan yang harus dinigat adalah sebelum kaki ayam ditempeli daun sirih yang sudah di haluskan tadi, kaki ayam harus direndam dengan air dingin sekitar tiga puluh menit, baru ayam kakinya dilulur dengan daun sirih yang dihaluskan tadi. Namun jangan kita abar dulu apalagi sampai ke arena, tunggu sampai sekitar satu bulan sampai kondisi ayam itu fit dan normal kembali baru maju kearena.
  • Dengan Kapur sirih. Kapur sirih dapat juga doigunakan untuk mengobati turun uratr pada ayam. Ini dilakukan dengan cara menghaluskan kapur sirih kemudian di tempelkan atau dibobokkan pada kaki ayam yang turun urat dan bungkus dengan perban sampai rapat. Kemudia biarkan selama satu hari. Dan buka kemudian ganti setiap dua hari sekali. Lakukan cara ihi sampai satu minggu, dan buka.  Dan hasil yang didapat ayam akan merasa nyaman karena kakinya sembuh.

Itulah tadi yang saya uraikan tentang cara menyembuhkan ayam Bangkok yang kena penyakit turun urat. Tapi ingat keberhasilan cara ini sebetulnya mendekati Sembilan puluh persen tapi para pembaca harus sabar dan telaten untuk menghasilkan kesembuhan ayam yang singkat dan istimewa. Sekian semoga ada manfaatnya.
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia