OBAT MATA BERAIR AYAM BANGKOK

mengobati mata ayam yang lagi sakit
Obat mata berair pada ayam Bangkok-Banyak memang jenis penyakit yang menghinggapi ayam, terutama ayam bnagkok aduan. Mungkin penyebabnya kandang yang tidak bersig kali ya! Taoi tidak melulu itu saja penyebabnya tapi biasanya sosiali sasi ayam itu pada lingkungannya. Suatu contoh ketika ayam dilatih dengan lawan ayam milik teman, kita tidak tahu dengan kondisi ayam lawan ayam kita kalau matnya berair atau sakit, maka dengan demikian kemungkinan besar akan tertular. Mata ayam kitapun jadi ikut tertular. Apalagi kalau kita selalu mengumpulkan ayam dalam lingkungan yang sama, maka ayam kitapun akan cepat tertular penyakit mata tersebut.

Penyakit mata pada ayam ditandai dengan mata pucat berwarna merah, pada bagian pupilnya ada garis – garis merah dan matanya akan mengeluarkan air secara terus menerus . Biasanya pada kondisi ayam Bangkok seperti ini ayam akan menaglami hilangnya nafsu makan dan akan semakin lemas karena kondisi badannya yang tidak bertenaga akibat tidak punya selera makan. Biasanya ayam seperti ini akan selalu klungruk dan tidak bersemangat melakukan kegiatan apapun, bahkan untuk bergerak saja dia nales karena kondisi yang lemas.

Getah Tangkai Pepaya
Pada  kasus seperti ini yang paling mudah kita lakukan adalah dengan cara membeli obat mata khsuus untuk unggas  do took – took penjual obat penyakit unggas. Namun ada cara mudah dan sangat mujarab, kita cup mengambil tangkai daun papaya lalu getahnya kita teteskan pada mata ayam Bangkok kita yang lagi sakit. Perih memang namun itu hanya terjadi beberapa menit saja, keondisi mata ayam ini akan kelihatan membaik dan semakin membaik. Lakukan hal ini dua hari sekali selama satu minggu atau tuju hari maka kita akan melihat hasilnya, ayam Bangkok kita akan kembali normal dan siap berlaga kembali di arena. Tentunya kita harus memulihkan kondisi ayam kita dulu dari sakit. 

Daun Sirih
Daun sirih banyak menagndung minyak arsiri yang baik unutk kesehatan baik hewan ataupun manusia. Daun sirih disinyalir sangat mujarap kalau digunakan mengobati penyakiot cacingan pada ayam dan penyakit mata pada ayam Bangkok. Dan tentunya masih secara tradisional dan alami. Cara membuat obat ini adalh dengan cara kita mengambil beberapa lembar daun sirih lalu kita rendam dengan air putih, ingat tidak direbus lho para penghobi ayam bnagkok! Tapi di rendam, tunggu sekitar lima menit. Air dari rendaman tersebut kita gunakan untuk mencuci mata ayam kita yang sakit tadi, lakukan hal seperti ini kurang lebih tiga hari. Masalah berapa kali mencuci mata ayam Bangkok itu terserah kita yang penting jangan  sampai ayam kita merasa sakit dan terganggu mentalnya.

Karantina
Dengan cara karantina ini mungkin cara yang paling mudah . Karena cara ini kita hany atinggal melakukan pengabilan terhadap ayam yang sakit lalu kita sedirikan ayam kita jangan sampai terkontaminasi dengan yang lain. Ini dimaksudkan agar ayam – ayam yang lain tidak ikut sakit mata dan tertular. Dengan kondisi yang bersi#h dan steril maka mata ayam Bangkok akan berangsur sembuh dengan sendirinya. Tapi cara ini memakan waktu yang cukup laama, karena hamper satu bulan baru ayam itu bisa sembuh. Semohga ada manfaatnya. Tapi kalau dengan cara ini kita harus selalu memperhatikan kandang dan kondisi ayam. Dengan cara memperhatikan ayam dan kondisi ayam maka kita akan mendapat hasil yang memuaskan dalam penyembuhan penayakit mata ayam kita.
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia