CARA BETERNAK AYAM BANGKOK UNTUK PEMULA

Cara beternak ayam bangkok Untuk Pemula - Ayam bangkok adalah salah satu jenis ayam yag sangat digemari oleh semua kalangan, baik kalangan muda , anak - anak, dewasa, bahkan lanjut usia. Ayam bangkok yang juga bisa disebut ayam aduan ini memiliki keunikan tersendiri sehingga pra penghobi ayam ini tidak pernah jenuh dengan aym bangkok. Bahkan ada yang bilang antara anak sendiri dengan ayam bangkok itu lebih utama ayam bangkoknya. Karena katanya lagi ayam bangkok mepunyai sesuatu yang bisa menghadirkan hioki bagi para penggemarnya. Untuk itu sekarang ini bukan hanya menjadi penghobi saja tapi mereka sudah merambahmenjadi seorang peternakayam bangkok jenis aduan. Lha untuk pemula mesti harus pandai - pandai memilih ayam jenis ini untuk dipeternakkan. Oke langsung saja kita bahas tentang bagai mana cara menjadi peternak yang handal bagi pemula.

Indukan Jantan
Ayam bangkok jenis aduan memang menjadi primadonna oleh para peternak ayam jenis ini, selain memang menjadi kebanggaanharganyapun selangit, apalagi kalau sudah keturunan ayam bintang di arena, yang sudah menjuarai diberbagai arena, makaharganya bisa dibilangsangat tinggi. Biassanya para peternakayam bangkok ini yang sudah berpengalaman dalam mencari indukan jantan selalu melihat dari latar belakang atau biografi si ayam tersebut. Kalau ayam tersebut turunan seekor ayam juara maka menurut keyakinanmerekamaka anaknya atau turunannya akanmenjadi juara pula.

indukan jantan super
Dan itu memang banyak terbukti. Suatu contoh saja didaerahku ada yang punya ayam sangat bagus dari segi gaya tarung terus polah dantehniknya sangat bagus sekali dandalam arena juga selalu menang, ketika ayamitu dijadikan pacek kalau pmenurut bahasa jawa memang turunannya sangat bagus. jadi unutkpemula dal;ambeternak ayambangkok kalau memilih pejantan haruslah yang memang sudah bagus dalam tehnik bertarungnya.

Indukan Betina
Seperti kita tahu kalau indukan betina memang sangat susah, dan harus melewati suatu riset untuk mendapatkan indukan betina yang memang sangat hebat. Biasanya indukan betina akan ditarungkan dulu dengan ayam jantan tapi dengan umur yang dibawahnya, kalau dia bisa menang maka ayam ini patut dijadikan betinanya. 

Namun ayam betina ini juga harus dari keturunan juara agar keturunananya nahnti bisa menjadi juara. Tapi langkahriset tidak berhenti disitu ayam betina yang memangdalam bertempurnya sudah bagusdan mempunyai tehnik bertarung yang tinggi, sebelum dia menjadi ayam indukan, maka dia harusdijajal dulu untuk dikawinkan dengan pejantannya. Hal ini dilakukan agar kita tahu nanti ketika menjadi telur danmenjadi anakan dan besar, anakan dari yam betinatersebut bisa menurun kenaknya atau tidak.

indukan betina super siap di kawin
Oleh karena itu memang membutuhkan waktu yang tidak singkat, sekitar satu tahun untukmengetahui ayam betina itu bagus atau tida. Karena potokan ayam betina bagus atau tidaknya tinggak dia bisamenurunkan sifat - sifat dan gaya bertarung pejantan tadi atau tidak. Kalau anak yang dilahirkanbisa meniru gaya bertarung pejantan tadi makaayam betina itu sudah b9sa dinggap betina unggul, dan kalu dijual akan mengahsilkan uang yang sangat banyak. Karena ayambetina seperti ini yang bisa menurunkan sifat pejantan tadi sangat diburu oleh para peternak ayam bangkok.

Kandang yang representatif
Dalambeternak ayamapa lagi ayambangkok kwalitas super maka soal kandang kita juga harus berhati - jhati alais tidak sembarangan. Karena dengan kondisi kandang yang kurang sehat dsalam hal kebrsihannya dalam ventilasinya untuk pertukaran udara, maka ayam akan rentan terhadap penyakit silahkan baca di macam - macam penyakit ayam yang mematikan. Oleh karena itu kita harus menggunakan kandang yang semi permanen aja kalau untuk pemula. Ini dimaksudkan agar ayam jantan dan betina tadi bisa berhubungan dan kawin secar kontinyu sehingga akan menghasilkan ayam - ayam bangkok yang berkwalitas.

Pakan yang sehat
Pakan yang sehat dalam halini mengandung gizi dan vitamin yang seimbang sangatlah perlu untuk kelangsungan p[eternakan ayam kita. Karena dengan pakan yang berkwalitas, maka ayam - ayam kita akan menajadi ayam yang unggul dan sehat namun perlu para pembaca ketahui pakan yang sehat tidak perlu  harus selalu membeli, sekarang ini banyak ayam yang sangat bagus kwalitasnya dengan pakan ayam herbal dan tentunya harga jauh dibawah pakan pabrikan dengan gizi dan vitamin yang kompli.

Itulah uraian yang saya paparkan tentang bagai mana cara kita beternak ayam ketika kita masih pemula dan belum banyak pengalaman. Semga ada manfaatnya.
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia