JENIS - JENIS AYAM YANG ADA DI INDONESIA

Jenis – jenis ayam di Indonesia – Ayam dimana – mana merupakan salah ssatu jenis aicon sebuah daerah atau bangsa. Di Negara tetangga kita yaitu Negara Thailan Ayam jenis aduan menjadi penghasilan kedua terbesar dari devisa Negara tersebut . Bahkan di Indonesia sendiri ayam menjakdi sebuah buah bibir yang tidak ada henti – hentinya dan menjadi pusat perhatian bagi sebagian kalangan dinegara kita baik dari pedesaan samapai perkotaan. Dari kalangan bawah hingga ke kalangan atas. Sehingga ayam jenis ini menjadi sebuah prima donna. Memang sih banyak dari penghobi ayam tidak melulu hobi dengan ayam aduan. Tapi mereka menyenangi ayam bukan Cuma ayam untuk aduan tapi mereka meyenangi ayam dari segi swara, dan bentuk tbuh serta bulunya. Sehingga para penghobi ayam mempunytai banyak variasi untuk memilih ayam yang dijadkan  kelangenan para penghobi ayam dari berbagai jenis tersebut.

Di Indonesia sendiri banyak jenis ayam, dan ayam itu berdasarkan nama daerah masing – masing. Sehingga kita sebagai penghobi ayam tidak sulit untuk membedakan jenis ayam tersebut, Karena kita dari bentuk tubuhnya,  swaranya serta dari daerahnya sangat jelas perbedaannya. Oke langsung saja dibawah ini ada beberapa jenis ayam yang ada diindonesia yang wajib kita ketahui.

Ayam Jawa
Ayam jawa adalah ayam asli dari jawa tengah dimana ayam ini bukan jenis ayam yang digunakan unutk aduan atau bertarung, tapi ayam jenis jawa ini digunakan untuk dimanfaatkan dagingnya. Tapi perlu diingat bahwa ayam jenis jawa ini rasa dagingnya sangat leza#t dan ernak. Terbukti bahwa daging ayam jawa menjadi pilihan utama diberbagai kuliner. Rasa dagingnya yang renyah dan empuk serta kenyal menajdikan daging ayam ini nomor satu di jawa. Dan harganya daging ayam jawa memang relatif mahal disbanding ayam negri.

ayam jawa lagi cari makan
Ayam jawa sebetulnya tidak ada bedanya jika disbanding dengan ayam – ayam yang lain. Bentuk tubuhnya besar dan lonjong untuk ayam dewasa. Sedang ayam jawa mempunyai cengger lebih lebar disbanding dengan ayam – ayam jenis lain. Umur ayam jawa sendiri juga relative lebih lama, karena ayam jawa bisa hidup lebih dari lima tahun.

Ayam Negri atau Pedaging
Ayam negri atau pedaging bisa kita temui dipasaran. AYam ini dipasaran sekarang harganya cenderung naik, yang dulu harganya sekitar dua puluh tiga ribu sekarang mencapai kisaran tiga puluh satu ribu. Tentunya bisnis ayam daging sangatlah menggiurkan. Ayam negri atau pedaging mempunyai ciri – cirri yang sangat has dengan bulu yang putih, aerta antara jantan dan betina hamper tyidak ada bedanya. Ayam negri ini sekarang banyak dibudidayakan oleh para peternak ayam pedaging karena umurnya yang relative singkat. Karena umur ayam pedaging berkisar empat puluh satu hari sudah bisa panen.

Ayam Cemani
Ayam cemani hamper mirip dengan ayam kedu. Tapia yam cemani ini sangat berbeda dengan ayam jenis lainnya. Kalau masalah umur sih hamper sama dengan ayam jawa#, Bangkok dan ayam – ayam lain di daerah Indonesia. Tapi cirri khas yang tidak di punyai ayam lain adalah warnanya yang hitam kelam dari ujung cengger sampai ujung cekernya. Pokoknya itu dikatakan cemani semua warna hitam. Bahkan ayam cemani yang asli adalah warna darahnya juga menjadi hitam. Kalau ayam cemani yang darahnya juga hitam ini menjadi pilihan yang menajdi paranormal. Biasanya sih digunakan untuk sesajen. Dan perlu diketahui bahwa ayam cemani yang darahnya berna hitam harganya sangat mahal. Mampu sampai harga sekitar enam belas juta sampai dua puluh juta. Tapi untuk mendapatkan ayam ini sangatlah sulit.

Ayam cemani cara memeliharanya juga tidak sembarangan. Ayam ini ditempatkan ditepat yang redup dan tidak boleh kena langsung sinar matahari, karena konon kalau kena matahari langsung warna dari bulunya akan berubah. Masalah itu betul atau tidak penulis sendiri belum pernah membuktikannya. Para pembaca, seumpama kepengin menambah koleksi ayamnya dengan ayam cemani maka silahkan datang ke daerah kedu atau wonogiri. Disana ada sentra pembibitan dan budi daya ayam cemani.

Ayam Ketawa
Sebetulnya ayam ini tidak ada bedanya dengan bentuk tubuhnya tapi ayam ini# yang dicari dabn menjadi aikon adalah swaranya yang mirip orang ketawa dan swranya sangat panjang. Oleh karena itu para penghobi ayam rela mengeluarkan biaya yang banyak hanya untuk membeli ayam ini dsan mendengarkan swaranya.


Ayam Kate
Ayam jenis ini mempunyai ciri khas yaitu bentuk tubuh yang pendek sekalipun sudah umur tua. Dengan ekor yang menjulang tinggi keatas. Konon ayam ini sangat berharga tinggi kalau ekornya sampai kepalanya. Harganya ayam inipun sangat fantastis.


Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia