JENIS - JENIS PENYAKIT AYAM BANGKOK

Jenis – Jenis Penyakit  Ayam Bangkok. Oke para pembaca semua kali ini saya akan membahas atau menguraikan beberapa jenis penyakit ayam Bangkok aduan kita yang wajib kita waspadai. Karena tidak ada gading yang tak retak maka ayampun bisa terserang penyakit. Ini sangat berhaya, karena kalau tidak kita tanggulangi makaq kita akan rugi karenanya. Bixs#a – bisa ayam kita akan tergeletak disaat kita mempersiapkannya di suatu pertandingan. Biasanya para penghobi atau para peternak ayam Bangkok aduan sudah mengetahui bulan apa saja dimana penyakit ayam itu menyerang dan menghabiskan ayam kita. Biasanya pada bulan januari dan pebruari serta pada ahir bulan agustus penyakit yang diakibatkan virus itu menyerang.


Penyakit yang menyerang kita biasanya dibawa oleh virus dan berasal dari kotoran ayam kita sendiri atau bahkan terlular dari ayam lain yang sudah mengidap penyakit iu. Oleh karena itu kita sebagai penghobi ayam Bangkok aduan dan sebagai peternak harus memperhatikan system kebersihan kandang kita. Beberapa penyakit yang sering berbahaya dan mematikan itu adalah , bronchitis, berak putih, tetelo, berak darah, dan cacingan. Oke langsung saja penyakit seperti diatas mari kita ulas satu persatu.


Penyakit Berak Darah

Berak darah memang sering kita menemui ayam aduan kita sering berak darah namun mungkin dalam  penanggulangannya sedikit lebih mudah karena kita hany buth vitamin serta gizi yang cukup. Dan yang sangat penting untuk menanggulangi ini adalah dengan mernjaga kebersihan kandang dan harus dibersihkan denaggn rutin minimal dua kali sehari pagi dan sore.



Penyakit berak darah ini biasanya ditandai dengan ada darahnya dikotorannya ayam aduan kita dengan kondisi badan lemas, muka pucat nafsu makan menurun, bulu- bulunya kusam serta bagian sayap yang klemrek atau menurun. Kalau penyakit ini dibiarkan maka ini sangat berbahaya. Selain dengan cara diatas yang sudah saya uraikan tadi kita harus member jenis obat amocilin yang kita bisa beli di apotik – apotik terdekat. Dana tentunya kita harus mengakarantina ayam kita yang terkena jenis penyakit ini.



Penyakit Tetelo

Jenis penyakit ayam yang satu ini sangat berbaya, karena terlambat sedikit saja bisa sangat fatal akibatnya. Karena pada tanda – tandanya terjadi sangat singkat, karena ketika ayam kena penyakit tetelo yang disebabkan oleh virus ini dia hanya bertahan kurang lebih hanya dua sampai empat jam. Perlu para pembaca ketahui bahwa penyakit tetelo ini menular. Sekali ada ayam stau yang kena bisa –  bisa satu kandang kena semua.


muka pucat karena tetelo

Tanda – tanda ayam kena tetelo yang paling gampang untuk kita ketahui adlaah ayam ini ngorok dan ngantuk kelihatannya tidur tapi itu menahan sakit yang luar biasa dibagian kepala. Kerena kepalanya pusing sekali. Setelah dua sampai empat jam ayam ini akan tersungkur. Dan penyakit tetelo ini adalah jenis penyakit ayam yang sangat sulit untuk di sembuhkan.



Namun para opembaca tidak usah kawatir, tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan, dnegan cara memberisihkan kandang, serta di karantina ayam itu agar tidaj menulari ayam yang lain. Tentunya kita beri obat alami dan herbal tentunya. Kita beri saja bawang putih. Karena bawang putih banyak mengandung minyak atsiri yang bagus unutk membunuh virus jenis ND yang menyebabkan tetelo ini. Caranya bawang putih digeprak agar sedikit halus lalu dimasukkan ke dalam mulut ayam agar ditelannya. Lakukan hal ini rutin pagi dan sore. Kalau pengin obat yang dari apotik bisa para pembaca coba dengan meminumi amocilin.





Penyakit Berak Putih

Jenis penyakit ayam ini hamper sama dengan penyakit berak darah, namun penyakit berak putih ini lebih berbahaya serta penyakit ini sangat cepat dalam penularannya. Oleh karena itu kita harus berhati – hati dan waspada dalam menaggulamgi jenis penyakit ini agar ayam – ayam yang lain tidak tertular jenis penyakit ini. Dan p erlu diketahui bahwa ayam yang terkena jeis penyakit ini nafsu makannya menurun bahkan tidaj mau makan sama sekali, bulu kusam dan dia akan lemas dan tidak berdaya.



Penyakit jenis ini memang sering menimpa para peternak ayam Bangkok aduan. Oleh karena itu cara yang paling jitu adalah dengan melakukan pencegahan dengan cara kebersiahan kandang harus sangat diperhatikan. Dan selalu menyemprotkan anti biotic dikandang ayam – ayam kita. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.



Penyakit Bronkitis

Jenis penyuakit ayam kali ini adalah bronchitis. Biasanya ayam akan kelihatan pucat, badan lemas, nafsu makan tidak sama sekali, serta kondisinya batuk – batuk serta nafas yang mengek. Dan kalau sudah parah penyakit ini leher pada ayam kita akan memutar alias mlintir. Kalau sudah pada kondisi seperti ini maka ini kondisi yaqng sagant menghawatirkan oleh karena itu kita harus sesegera mungkin mengobatinya dengan memberikan vaksin yang bisa kita dapat atau beli ditoko obat ayam tersdekat, dengan cara meneteskan kemata atau hidung ayam. Dalam kondisi seperti ini makanan sangat menentukan asupan makanan yang bergizi dan berprotein tinggi agar kondisinya cepat kembali.



Penyakit Cacingan

Penyakit ini tanda – tandanya juga hamper sama dengan penyakit – penyakit yang saya uraikan diatas. Cuma penyakit cacingan ini lebig halus dalam menyerang. Tanda – tanda yang bisa kita lihat adalah kondisi ayam yang semakin kurus. Ayam yang kena cacingan ketiak amakan sangat rakus dan minumpun dia akan banyak sekali.  Tapi dengan makan yang banyak kondisinya cepat lemas, lesu dan semakin kurus, ini diakibatkan asupan gisi dari makanan tadi dinikmati oleh cacing yang ada dalam tubuh ayam itu.



Unutk pengobatan kita bisa menggunakan buah jambi yang dibakar dan ditumbuk sampai haalus lalu dicampur air secukupnya kemunian diminumkan ke ayam yang menderita penyakit jenis ini. Tapi ingat kita harus menungguinya agar cacing yang keluar tidak dimakan lagi oleh ayam aduan kita. Karena dengan buah jambi ini sekitar 30 menit cacing – caning yang ada di dalam tubuh ayam itu akan keluar dalam kondisi mati. Tentunya kalu ayam kita menderita cacingan sudah lama maka cacing yang dikeluarkan akan banyak sekali. Kalau saudah keluar semua cacingnya maka kita beruikan makanan yang mengandung protein tinggi serta gizi seimbang. Semoga ada manfaatnya.




Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia