KEHEBATAN DAUN CENGKEH UNTUK AYAM BANGKOK

Cara menghilangkan kutu ayam bnagkok dengan daun cengkeh-Ayam Bangkok betina memang rentan dengan banyak hal, mulai dari terongen ketika mngerami telur telurnya serta pada saat mngerami timbul kutu – kutu kecil yang kalau bahasa jawa di sebut gurem. Terongin adalah di mana ayam betina tidak mau mengerami telur – telurnya bahkan aindukan betina itu memakan telut – telur itu. Jadi bisa di pastikan telur – telur itu tidak bakalan jadi anakan alias jadi telur kopyor. Namun para pembaca sekalian pada pembahasan kali ini saya tidak akan membahas tentang ayam terongen, mungkin akan kita bahas pada postingan berikutnya. Pada pembahsan kali ini saya akan membahas tentang Bagai mana cara yang sangat jitu agar menghilangkan kutu atau gurem pada ayam betina atau indukan yang lagi mengerami telurnya.
 

Kutu ayam atau yangbiasa di sebut gurem memang sangat mengganggu para pembaca sekalian. Oleh karena itu harus bisa dan tahu tentang cara menghilangkan kutu – kutu tersebut dari tempat di mana ayam indukan tersebut mengerami telurnya. Cara yang saya uraikan mungkin masih sangat tradisional namun mungkin perlu untuk di coba. Kalau menurut pengalaman saya sih resep cara seperti ini nanti sangat manjur.

Sebab Adanya kutu atau gurem
Kutu atau gurem pada ayam Bangkok betina yang lagi mengerami telurnya biasanya ada serempak ketika ayam sudah mengerami selama 21 hari, pada saat telur –telur itu mulai menetas dan di situ banyaqk gurem atau kutu yang ada di sekitar tempat ayam indukan tersebut. Itu di sebabkan karena kotoran yang ada dalam tempat pengeraman tersebut, sehinggha mengahsilkan bakteri pengurai dan menimbulkan kutu – kutu keci yang kalau kena tangan atau tubuh kita akan terasa gatal sekali.

Namun itu tidak semua ayam betina yang pada saat mengerami terjadi atau menimbulkan kutu. Biasanya selain kotor oleh kotorannya ayam tadi tempatnya juga lembab dan sring kena air. Seperti yang saya uraikan diatas tadi tidak semua ayam betina yang mengerami ada kutunya, kalau tempat pengeramannya versih dan tidak lembab maka tempatnyapun tidak ada kutunya , alias bersih dan aman. Jadi kita bisa memegang ayam kita bebas pada saat menurunkannya dari tempat pengeraman itu.

Cara menanggulangi atau menghilangkannya
Dalam menaggulangi agar kutu tidak ada atau tidak muncul itu sangat gampang. Kita hanya cukup mengambil beberapa daun cengkeh yang sudah tua kususnya kemudian kita taruh di tempat pengeraman ayam bnagkok betina tadi. Kalau sudah seperti ini maka kutu atau gurem tidak bakalan berani menyerang ke tempat pengeraman ayam indukan kita. Jadi aman deh.

Yang perlu di ketahui oleh para pembaca sekalian hal aitu akan lebih baik kalau daun cengkeh tadi ditempatkan pada saat ayam Bangkok betina kita yang pada saat mau mengerami ditaruh lebih awal. Itu di maksudkan untuk pencegahan timbulnya kutu – kutu atau gurem pada ayam trersebut. Yang sangat di takuti adalah ketka kutu – kutu ini mengeroyok ayam kita maka ayam indukan yang lagi mengerami tidak konsentrasi dalam mengerami, karena yang di rasakan adalah badannya sangat gatal sehingga membuat ayam kita tidak nyaman di tempat mengeraminya. Kemudia dia akan sering turun dari tempatnya.

Begitulah tips bagaimana cara menghilangkan atau mencegah agar pada saaat ayam kita mengerami telutnya tidak ada jutu atau gurem yang badir di tempat mengeraminya. Mungkin masih banyak tips yang lebih baik yang para pembaca sekalian ketahui. Semoga ada manfaatnya.

Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia