AYAM CEMANI DAN KEHEBATANNYA

Ayam Cemani Dan Kehebatannya-Ayam Cemani dan kehebatannya memang sudah tidak bisa di ragukan lagi. Ayam Cemani memang tidak unutk di terungkan namun siapa yang punya ayam jenis nio akan menjadi juragan baru alias orang kaya baru. Ayam cemani mempunyai kehebatn dari hal kegunaannya. Ayam Cemani memang sangat di cari oleh banyak orang baik dari kalangan lemah ataupun tinggi sehingga mereka memburu keberadaannya. Mereka memburu ayam cemani karena tahu tentang mitos kehebatan ayam cemani ini. 

Para pencari ayam cemani ini masing berbeda dalam kebutuhannya ada yang hanya untuk di perlihara dan di jadikan peliharaan, ada pula yang di budi dayakan serta ada yang mencari untuk di jadikan sesajen untuk acara tertentu. Apalagi ketika ayam bangok yanag mau di adu di arena sabung maka untuk kemenangannya, para penghobi ayam akan memakai apapun cara untuk memenangkannya di arena sabung ayam , dengan member sesajen berupa ayam cemani sepasang. Menurut kepercayaan beberapa bobotoh bahwa dengan sesajen ayam cemani maqka ayam Bangkok aduan kita akan lebih bertenaga ketika di arena sabung ayam.
ayam bangkok super asli
Ayam cemani memang multi fungsi, sekalipun ayam cemani tidak untuk di adu dalam arena sabung ayam Bangkok, ayam cemani di jadikan untuk berbagai acara baik formal ataupun non formal. Seperti yang saya uraikan di atas bahwa ayam cemani ketika di budu dayakan maka harganya sangat mahal. Bisa lebih mahal ayam cemani ketimbang ayam Bangkok yang di adu dalam sabung ayam.
Berikut akan saya uraikan tentang kehebatan serta fungsi dan cara membudi dayakan ayam cemani yang benar.

Budi Daya Ayam Cemani

Ayam cemani berasal dari daerah kedu jawa tengah. Memang ketika membudi dayakan ayam cemani ketika berhasil maka hasilnya sangat fantastis. Itu disebabkan karena ayam cemani sangat langka dan tidak mudah dalam mengebang biakkan ayam cemani. Kalau ayam Bangkok aduan kita hanya memperhatikan tempat yang bersih serta makanan dan latihan. Namun tidak begitu dengan ayam cemani. Ayam jenis ini butuh perlakuan yang ektra. Karena kalau tidak bisa – bisa kita hanya memperoleh hasil ayam cemani yang biasa alias tidak istimewa.

Ayam cemani yang asli  adalah seluruh badan, cengger, serta bulu dan darahnya berwarna hitam. Sehingga kita sebagai pembeli atau peminat ayam cemani jangan sampai tertipu. Cara termudah mengetahui ayam cemani yang asli adalah darahnya berwarna hitam legam. Kalau sudah seperti ini harga ayam cemani bisa selangit alias mahal banget.

Seperti yang saya uraikan diatas bahwa dalam perawatan ayam cemani memang memerlukan perhatian yang khusus dari kita. Kalau masalah pakan dan dan lingkungan memang masih biasa seperti pakan ayam pada umumnya. Yang tidak umum adalah maslah tempatnya. Karena tempat ayam cemani tidak boleh langsung terkena sinar matahari. Karena kalau terkena sinar matahari langsung  maka di yakini ayam cemani tersebut akan b erubah warna baik darah ataupun cengger serta bulunya.

Untuk Sesajen
Kelebihan ayam cemani yang lain adalah ayam ini biasanya bisa untuk sesajen baik sesajen kejawen ataupun yang lain. Biasanya pemburu ayam ini adalah para orang – orang yang punya kebutuhan khusus. Dan bisa di jadikan agar ayam ini bisa multi fungsi.

Ciri – Ciri Ayam Cemani Yang Asli
Ayam cemani mempunyai ciri – ciri khusus yang tidak mungkin bisa di palsukan. Karena sangat gampang dalam menentukan mana ayam cemani yang asli atau tidak.
Ayam cemani yang asli dari seluruh tubuhnya akan berwarna hitam legam. Sampai darahnya berwarna hitam juga.

Cara mengetahui darah ayam tersebut hitam atau tidak, ini di lakukan dengan cara kita mengambil jarum pentil yang sangat kecil, agar tidak menyisa ayam cemani tersebut maka yang kita tusuk adalah jengger ayam tersebut sampai keluar darahnya sedikit. Darah yang keluar tersebut akan berwarna hitam kalau memang asli ayam cemani. Tapi kalau ayam cemani itu tidak asli maka ayam tersebut berwarna merash seperti ayam pada umumnya.

Itulah kehebatan ayam cemani dan serba serbi ayam cemani yang sangat fenomenal. Ayam cemani memang tidak bisa untuk tarung tapi ayam cemani punya kehebatan tersendiri dengan kekurangan dan kelebihannya. Semoga ada manfaatnya.
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2014 AYAM BANGKOK - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia